Cara Membuat Otomasi Perpustakaan Part 2

II. Pengerian Otomasi Perpustakaan
Otomasi merupakan kata yang diambil dari kata otomatis. Atau juga pengotomatisan yang berarti yang melakukan, serta semua pekerjaan dilakukan oleh tenaga mesin. Dan perpustakaan adalah sebagai pusat atau sumber informasi. Perpustakaan sebagai pusat informasi wajib melakukan kegiatan-kegiatan pengumpulan, pengolahan, preservasi dan konservasi, pengawetan, pelestarian, penyajian serta penyebaran informasi dan juga promosi perpustakaan. 
Otomasi perpustakaan adalah sebuah proses mengelola sebuah perpustakaan dengan menggabungkan perkembangan teknologi informasi yang ada saat ini. Teknologi informasi adalah teknologi yang dipakai untuk mencari, menyimpan, membuat, menghasilkan, mengelola serta menyebarkan informasi. Teknologi yang digunakan tidak hanya sebatas pada perangkat keras (hardware) serta perangkat lunak (software). Akan tetapi, tetap melibatkan manusia yang akan mengoperasikan teknologi tersebut, serta visi dan misi yang ditentukan sebelumnya.
Adanya sistem otomasi perpustakaan, maka proses mengelola pelayanan kepada pemustaka menjadi lebih cepat dan efisien. Otomasi Perpustakaan adalah memanfaatan teknologi informasi untuk kegiatan-kegiatan yang dilakukan diperpustakaan meliputi pengadaan bahan pustaka, pengolahan bahan pustaka, penyimpanan serta menyebarluaskan informasi. Dan juga telah membuat perubahan sistem perpustakaan manual ke sistem perpustakaan komputerisasi.
Otomasi dalam dunia perpustakaan memang sangatlah penting. Jika, sebuah perpustakaan hanya memiliki ratusan judul buku. Dan setiap harinya ada puluhan peminjam bahan pustaka, maka sistem otomasi perpustakaan tidak begitu diperlukan. Namun, apabila jumlah judul buku yang dimiliki oleh sebuah perpustakaan telah mencapai ribuan bahkan puluhan ribu eksemplar. Dan jumlah peminjaman bahan pustaka telah menyentuh angka ratusan orang setiap harinya. Maka, sistem otomasi perpustakaan tentunya sangat diperlukan pada perpustakaan tersebut. 
Otomasi perpustakaan akan memudahkan pekerjaan petugas perpustakaan dalam melayani pengunjung perpustakaan. Dan sudah pasti akan mempermudah peminjam buku dalam mencari serta memaksimalkan seluruh layanan-layanan yang ada di perpustakaan. Teknologi informasi apabila diterapkan di perpustakaan akan membuat semua pelayanan, dan pelaporan perpustakaan dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien. Seperti dalam proses input data bibliografi, membuat kartu anggota, katalogisasi, peminjaman serta pengembalian, dan OPAC.
0 Komentar untuk "Cara Membuat Otomasi Perpustakaan Part 2"

Back To Top