Cara Print Barcode Berwarna-Warni Secerah Hidup Ini

Senayan atau sering terkenalnya adalah Senayan Library Management System dan disingkat SliMS. Ini merupakan perangkat lunak sistem manajemen perpustakaan (library management system) yang terbuka. Software inidilisensikan di bawah naungan GPL v3. Aplikasi web untuk perpustakaan yang sampai sekarang ini terus dikembangkan oleh tim dari Pusat Informasi dan Humas Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia. Perangkat lunak ini dibangun dengan menggunakan PHP, basis data MySQL, serta pengontrol versi Git. Pada tahun dua ribu sembilan, Senayan memenangi INAICTA 2009 pada kategori open source.


Senayan atau SliMS pertama kali dipakai di Perpustakaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Proses perkembangan Senayan dilakukan oleh SDC (Senayan Developers Community). Pengembangan SliMS ini dimotori oleh Hendro Wicaksono, didampingi Programmer Arie Nugraha, Wardiyono. Sementara itu pada seksi dokumentasi dikomandoi oleh Purwoko, Sulfan Zayd, M Rasyid Ridho, Arif Syamsudin. Pada bulan Januari tahun 2012, developer SLiMS bertambah sebanyak 2 orang, yaitu: Indra Sutriadi Pipii dari Gorontalo serta Eddy Subratha dari Jogjakarta. Selain itu, juga ada pula programmer Tobias Zeumer (tzeumer@verweisungsform.de), dan Jhon Urrego Felipe Mejia (ingenierofelipeurrego@gmail.com).
Baca Juga Cara Download di Blog Pustakabs
Situs resmi SliMS dapat diakses di http://slims.web.id. Menurut Hendro Wicaksono dan juga Arie Nugraha, anggota tim pengembangan Senayan/SliMS. Program manajemen perpustakaan atau otomasi perpustakaan ini pertama kali dikembangkan pada bulan November tahun 2006. Pada waktu itu, para pengelola Perpustakaan Departemen Pendidikan Nasional di Jakarta berada pada posisi kebingungan. Dikarenakan program manajemen perpustakaan yang bernama Alice telah selesai masa pakainya alias kadaluwarsa. Alice merupakan perangkat lunak untuk perpustakaan buatan Softlink yang merupakan sumbangan dari Pusat Kebudayaan Inggris, British Council.

Ini dia langkah-langkahnya:
1. Buka SLiMS milik Anda.

2. Muncul tampilan SLiMS Anda. Di atas ini tampilan admin SLiMS pustakabs milik kami.

3. Klik Firefox yang berwarna orange.

4. Pilih dan klik Print.
Baca Juga Cara Mudah Membangun Sistem Manajemen Perpustakaan Senayan (SLiMS)
5. Pilih dan klik Page Setup.

6. Contreng di kotak Print Background.

7. Selesai dan klik ok.

Catatan:

Trik ini berjalan hanya saja, jika memakai browser firefox versi 8.0.
Baca Juga Browser yang Pas untuk Cetak Barcode SLiMS
0 Komentar untuk "Cara Print Barcode Berwarna-Warni Secerah Hidup Ini"

Back To Top