Menentukan Tajuk Subjek dengan Ini



Tajuk subjek adalah bagian dari daftar istilah sistematis yang menjelaskan materi pelajaran tertentu, misalnya seperti di katalog perpustakaan.

Menurut Reitz, tajuk subjek adalah kata atau frasa paling spesifik yang menggambarkan subjek, atau salah satu subjek, sebuah karya, dipilih dari daftar istilah pilihan (kosakata terkontrol) dan ditugaskan sebagai entri tambahan dalam bibliografi catatan untuk dijadikan jalur akses dalam katalog perpustakaan. Tajuk subjek dapat dibagi lagi dengan penambahan subpos (contoh: Perpustakaan - Sejarah - abad ke-20) atau sertakan kualifikasi orang tua untuk klarifikasi semantik, seperti pada Tikus (Komputer).

Perpustakaan kongres menggunakan istilah "catatan otoritas" untuk menggambarkan "alat yang digunakan oleh pustakawan untuk menetapkan bentuk nama (untuk orang, tempat, pertemuan, dan organisasi), judul, dan subjek yang digunakan dalam catatan bibliografi. Catatan otoritas memungkinkan pustakawan untuk menyediakan akses seragam ke materi dalam katalog perpustakaan dan untuk memberikan identifikasi penulis dan judul yang jelas. Misalnya, karya tentang "film", "film," "bioskop," dan "film" semuanya masuk di bawah tajuk subjek "Motion pictures".

Istilah indeks, istilah subjek, tajuk subjek, atau deskriptor, dalam pencarian informasi, adalah istilah yang menangkap esensi topik dokumen. Istilah indeks membentuk kosa kata yang terkontrol untuk digunakan dalam catatan bibliografi.

Perpustakaan otoritas kongres mengembalikan banyak masukan untuk pencarian tentang "teknologi pendidikan" di dalam "judul otoritas Subjek". Namun, hanya subset yang memperhatikan judul resmi yang ditetapkan secara formal dalam catatan otoritas yang dapat diambil.

Istilah "teknologi pendidikan" utama (tanpa subpos) mengidentifikasi "lihat dari" berikut: Teknologi instruksional, Teknologi dalam pendidikan Kemudian mendefinisikan "lihat juga", seperti "Pendidikan audio visual" dan "lihat resmi juga" seperti Teknologi , Inovasi pendidikan, systesm instruksional, pengajaran - alat bantu dan perangkat.


Anda menginginkan tajuk subjek bisa download di sini.
0 Komentar untuk "Menentukan Tajuk Subjek dengan Ini"

Back To Top