Strategi Pengembangan Program Literasi Informasi Part 2



Perpustakaan sekolah bukanlah hanya bertugas dalam menyediakan sumber-sumber informasi belajar bagi siswa, guru, maupun karyawan. Perpustakaan tidak juga sebagai tempat menampung guru-guru yang bermasalah dengan jam mengajar. Atau kekurangan jam mengajar, dimana mereka akan diberikan tugas tambahan untuk membantu pustakawan perpustakaan sekolah. Hal tersebut untuk memenuhi jumlah jam mengajar bagi guru-guru tersebut. Perpustakaan sekolah harus menjadi sarana pendidikan penunjang siswa dalam berlajar. Terutama sarana tentang sosialisasi program literasi informasi. Di era dewasa ini, informasi hadir dengan skala yang besar. Apabila dibaratkan seperti aliran sungai yang selalu mengalir dengan derasnya. Ada beberapa yang sampai menyebutkan dengan istilah information overload (kelebihan informasi). Hal ini tentu akan menyebabkan informasi itu sendiri menjadi makna ganda. Berkaitan dengan tidak jelas mana informasi yang benar serta mana yang salah.
Di era keterbukaan informasi  serta perkembangan ilmu pengetahun dan teknologi yang terus meningkat. Saat ini harusnya menjadi sebuah tantangan tersendiri yang harus diselesaikan oleh stakeholder perpustakaan sekolah. Salah satu diantaranya adalah melalui program literasi informasi kepada siswa atau anggota perpustakaan. Siswa-siswa tentu diharapkan mampu menjadi seorang pembelajar yang mempunyai kompetensi literasi informasi selama mengenyam bangku pendidikan. Dan ketika mereka akan melanjutkan jenjang yang lebih tingg. Hal ini tentu sangat bermanfaat untuk masa depan siswa-sistwa tersebut. Ketika ia dapat mengolah informasi serta menggunakannya untuk kebaikan pada masa depan.
Guru serta pustakawan atau petugas perpustakaan merupakan dua pihak yang bersinggungan langsung dengan siswa. Terutama terkait dengan pembelajaran saat kegiatan belajar mengajar. Dan pemanfaatan serta pendayagunaan sumber-sumber informasi pembelajaran. Oleh karena itu, dalam program literasi informasi yang disusun di perpustakaan sekolah. Dibutuhkan senergi antara guru serta pustakawan atau petugas perpustakaan sekolah dalam meningkatkan kompetensi serta kemampuan literasi informasi siswa.

0 Komentar untuk " Strategi Pengembangan Program Literasi Informasi Part 2"

Back To Top