Pandangan Tentang Perpustakaan

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar kata Perpustakaan? Perpustakaan yang masih banyak dianggap oleh beberapa masyarakat yang hanya sebuat tempat yang menyimpan buku. Iya, itulah pandangan pada umumnya bila mereka memberikan pendapat tentang perpustakaan. Pendapat lain yang lebih ironi bahwa perpustakaan adalah tempat menyimpan barang tidak berguna atau gudang.


Hal itu pun yang menjadi landasan untuk beberapa kalangan yang memberikan inovasi terbaru. Bahwa perpustakaan merupakan bagian dari sebuh pendidikan yang menyenangkan. Pembangunan perpustakaan yang megah dan memiliki sarana serta prasarana yang nyaman. Ini adalah sebuah salah satu solusi untuk menyingkirkan pandangan negatif tentang perpustakaan.


Dan masih banyak juga ditemui perpustakaan yang hanya menyimpan buku-buku terbitan lama. Ini juga menjadi sebab bahwa perpustakaan tersebut sepi pengunjung. Banyak juga perpustakaan yang sudah menyediakan koleksi keluaran terbaru. Hal ini tentu untuk memenuhi kebutuhan informasi pengunjung perpustakaan.


Perpustakaan-perpustakaan mulai berbenah menuju paradigma baru. Bahwa perpustakaan merupakan sarana memperoleh informasi yang efisien serta membuat nyaman pengunjungnya. Perkembangan teknologi dan informasi pun mendukung untuk perkembangan di dunia perpustakaan. Banyak bermunculan aplikasi untuk perpustakaan. Diantaranya untuk mengolah bahan pustaka, presensi pengunjung, mudahkan peminjaman dan pengembalian, serta pembuatan kartu anggota.


 
0 Komentar untuk "Pandangan Tentang Perpustakaan"

Back To Top